Exotic Shorthair: Kucing Berbulu Pendek Yang Eksotis Dan Menawan

Exotic Shorthair: Kucing Berbulu Pendek yang Eksotis dan Menawan

Exotic shorthair adalah ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat. Kucing ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960-an dengan tujuan untuk menciptakan kucing berbulu pendek yang memiliki penampilan seperti kucing Persia. Exotic shorthair memiliki tubuh yang kompak dan berotot, dengan kepala yang bulat dan besar. Bulunya pendek dan padat, dengan berbagai macam warna dan pola. Kucing ini dikenal dengan sifatnya yang ramah, penyayang, dan mudah bergaul.

Sejarah Exotic Shorthair

Exotic shorthair pertama kali dikembangkan pada tahun 1960-an oleh seorang peternak kucing bernama Jane Martinke. Martinke ingin menciptakan kucing berbulu pendek yang memiliki penampilan seperti kucing Persia. Untuk mencapai tujuan ini, ia mengawinkan kucing Persia dengan kucing American shorthair. Hasilnya adalah kucing berbulu pendek yang memiliki penampilan seperti kucing Persia, tetapi dengan perawatan yang lebih mudah.

Pada tahun 1967, exotic shorthair diakui sebagai ras kucing oleh Cat Fanciers’ Association (CFA). Sejak saat itu, popularitas exotic shorthair terus meningkat. Kucing ini sekarang menjadi salah satu ras kucing paling populer di dunia.

Karakteristik Exotic Shorthair

Exotic shorthair memiliki tubuh yang kompak dan berotot, dengan kepala yang bulat dan besar. Bulunya pendek dan padat, dengan berbagai macam warna dan pola. Kucing ini memiliki mata yang besar dan bulat, dengan warna yang bervariasi dari biru, hijau, hingga kuning.

Exotic shorthair dikenal dengan sifatnya yang ramah, penyayang, dan mudah bergaul. Kucing ini sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Exotic shorthair juga merupakan kucing yang cerdas dan mudah dilatih.

Perawatan Exotic Shorthair

Exotic shorthair adalah kucing yang relatif mudah dirawat. Bulunya yang pendek dan padat hanya perlu disisir seminggu sekali. Kucing ini juga perlu dimandikan secara teratur, sekitar sebulan sekali.

Exotic shorthair adalah kucing yang sehat dan kuat. Namun, seperti ras kucing lainnya, exotic shorthair juga rentan terhadap beberapa penyakit, seperti penyakit ginjal polikistik, kardiomiopati hipertrofik, dan diabetes. Oleh karena itu, penting untuk membawa exotic shorthair ke dokter hewan secara teratur untuk pemeriksaan kesehatan.

Harga Exotic Shorthair

Harga exotic shorthair bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, warna bulu, dan garis keturunan. Secara umum, harga exotic shorthair berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 10.000.000.

Kesimpulan

Exotic shorthair adalah ras kucing yang eksotis dan menawan. Kucing ini memiliki tubuh yang kompak dan berotot, dengan kepala yang bulat dan besar. Bulunya pendek dan padat, dengan berbagai macam warna dan pola. Exotic shorthair dikenal dengan sifatnya yang ramah, penyayang, dan mudah bergaul. Kucing ini sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Exotic shorthair juga merupakan kucing yang cerdas dan mudah dilatih.