Ikan Cupang Blue Rim Bocor: Mengenal Lebih Dekat Ikan Hias Yang Unik

Ikan Cupang Blue Rim Bocor: Mengenal Lebih Dekat Ikan Hias yang Unik

Ikan cupang blue rim bocor merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki warna tubuh yang unik dan menarik, dengan kombinasi warna biru dan merah yang kontras. Selain itu, ikan cupang blue rim bocor juga memiliki sirip yang panjang dan menjuntai, yang membuatnya terlihat semakin cantik dan anggun.

Asal-Usul Ikan Cupang Blue Rim Bocor

Ikan cupang blue rim bocor merupakan hasil persilangan antara ikan cupang plakat dan ikan cupang halfmoon. Ikan ini pertama kali dikembangkan di Thailand pada tahun 2010, dan sejak saat itu menjadi salah satu jenis ikan cupang hias yang paling populer di dunia.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Blue Rim Bocor

Ikan cupang blue rim bocor memiliki beberapa ciri-ciri fisik yang khas, antara lain:

  • Warna tubuh: Ikan cupang blue rim bocor memiliki warna tubuh yang unik dan menarik, dengan kombinasi warna biru dan merah yang kontras. Warna biru biasanya terdapat di bagian kepala, punggung, dan ekor, sedangkan warna merah terdapat di bagian perut dan sirip.
  • Sirip: Ikan cupang blue rim bocor memiliki sirip yang panjang dan menjuntai, yang membuatnya terlihat semakin cantik dan anggun. Sirip punggung dan sirip ekor biasanya lebih panjang dibandingkan dengan sirip lainnya.
  • Bentuk tubuh: Ikan cupang blue rim bocor memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang, dengan kepala yang kecil dan mulut yang lebar.

Perawatan Ikan Cupang Blue Rim Bocor

Ikan cupang blue rim bocor merupakan ikan yang cukup mudah dirawat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ikan ini dapat tumbuh sehat dan berkembang biak dengan baik.

  • Akuarium: Ikan cupang blue rim bocor membutuhkan akuarium dengan ukuran minimal 10 galon. Akuarium harus dilengkapi dengan filter dan heater agar suhu air tetap stabil.
  • Makanan: Ikan cupang blue rim bocor dapat diberi makan dengan berbagai jenis makanan, seperti pelet, cacing beku, dan artemia. Berikan makanan secukupnya, jangan sampai berlebihan.
  • Pembersihan akuarium: Akuarium harus dibersihkan secara rutin agar air tetap bersih dan jernih. Ganti air akuarium sebanyak 20-30% setiap minggu.

Penyakit Ikan Cupang Blue Rim Bocor

Ikan cupang blue rim bocor dapat terkena berbagai jenis penyakit, seperti:

  • Ich: Ich merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Ichthyophthirius multifiliis. Penyakit ini dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik putih pada tubuh ikan.
  • Fin rot: Fin rot merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila. Penyakit ini dapat menyebabkan sirip ikan menjadi rusak dan membusuk.
  • Dropsy: Dropsy merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila. Penyakit ini dapat menyebabkan perut ikan menjadi bengkak dan berisi cairan.

Jika ikan cupang blue rim bocor terkena penyakit, segera lakukan pengobatan agar ikan dapat sembuh dengan cepat.

Pembiakan Ikan Cupang Blue Rim Bocor

Ikan cupang blue rim bocor dapat dibiakkan dengan cara yang cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah pembiakan ikan cupang blue rim bocor:

  1. Siapkan akuarium pemijahan dengan ukuran minimal 10 galon.
  2. Masukkan sepasang ikan cupang blue rim bocor yang sudah siap kawin ke dalam akuarium pemijahan.
  3. Tambahkan tanaman air dan batu-batuan ke dalam akuarium pemijahan untuk memberikan tempat bersembunyi bagi ikan.
  4. Naikkan suhu air akuarium hingga mencapai 28-30 derajat Celcius.
  5. Berikan makanan secukupnya kepada ikan cupang blue rim bocor.
  6. Tunggu hingga ikan cupang blue rim bocor bertelur.
  7. Setelah ikan cupang blue rim bocor bertelur, segera pindahkan ikan jantan ke akuarium lain.
  8. Telur ikan cupang blue rim bocor akan menetas dalam waktu sekitar 2-3 hari.
  9. Beri makan burayak ikan cupang blue rim bocor dengan makanan khusus burayak.
  10. Setelah burayak ikan cupang blue rim bocor tumbuh besar, pindahkan mereka ke akuarium yang lebih besar.

Harga Ikan Cupang Blue Rim Bocor

Harga ikan cupang blue rim bocor bervariasi tergantung pada kualitas ikan dan ukurannya. Harga ikan cupang blue rim bocor berkualitas baik dan berukuran besar dapat mencapai jutaan rupiah.