Ikan Cupang Dumbo Ear: Si Cantik Dengan Sirip Telinga Gajah

Ikan Cupang Dumbo Ear: Si Cantik dengan Sirip Telinga Gajah

Ikan cupang dumbo ear adalah salah satu jenis ikan cupang hias yang populer di kalangan penggemar ikan hias. Ikan ini memiliki ciri khas berupa sirip telinga yang panjang dan menjuntai, sehingga membuatnya terlihat seperti memiliki telinga gajah.

Asal-Usul Ikan Cupang Dumbo Ear

Ikan cupang dumbo ear berasal dari Thailand. Ikan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990-an oleh seorang peternak ikan bernama Chavalit Tangjaroenkul. Chavalit menemukan ikan cupang dumbo ear di sebuah sungai di provinsi Surat Thani, Thailand.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Dumbo Ear

Ikan cupang dumbo ear memiliki tubuh yang ramping dan memanjang. Sirip punggung dan sirip ekornya panjang dan menjuntai, sedangkan sirip dada dan sirip perutnya pendek. Ikan ini memiliki warna yang beragam, mulai dari merah, biru, hijau, hingga ungu.

Ciri khas ikan cupang dumbo ear adalah sirip telinganya yang panjang dan menjuntai. Sirip telinga ini terletak di bagian atas kepala ikan, tepat di belakang mata. Sirip telinga ikan cupang dumbo ear dapat tumbuh hingga mencapai panjang 5 cm.

Perawatan Ikan Cupang Dumbo Ear

Ikan cupang dumbo ear merupakan ikan yang mudah dirawat. Ikan ini dapat hidup di akuarium dengan ukuran sedang, sekitar 10 liter. Akuarium harus dilengkapi dengan filter dan heater untuk menjaga kualitas air.

Ikan cupang dumbo ear menyukai air yang bersih dan jernih. Ganti air akuarium secara berkala, sekitar 20% setiap minggu. Berikan juga makanan berkualitas baik untuk ikan cupang dumbo ear, seperti pelet atau cacing sutra.

Pembiakan Ikan Cupang Dumbo Ear

Ikan cupang dumbo ear dapat dibiakkan dengan mudah. Ikan ini akan mulai kawin ketika berusia sekitar 6 bulan. Proses pemijahan ikan cupang dumbo ear berlangsung selama beberapa hari.

Setelah pemijahan, ikan cupang dumbo ear betina akan bertelur. Telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu sekitar 2-3 hari. Burayak ikan cupang dumbo ear akan tumbuh dengan cepat dan mencapai ukuran dewasa dalam waktu sekitar 6 bulan.

Harga Ikan Cupang Dumbo Ear

Harga ikan cupang dumbo ear bervariasi tergantung pada ukuran, warna, dan kualitas ikan. Ikan cupang dumbo ear yang berukuran kecil dan berwarna umum biasanya dijual dengan harga sekitar Rp50.000. Sedangkan ikan cupang dumbo ear yang berukuran besar dan berwarna langka dapat dijual dengan harga hingga jutaan rupiah.

Ikan Cupang Dumbo Ear: Ikan Hias yang Populer

Ikan cupang dumbo ear merupakan ikan hias yang populer di kalangan penggemar ikan hias. Ikan ini memiliki penampilan yang cantik dan unik, sehingga cocok untuk menghiasi akuarium di rumah atau kantor. Ikan cupang dumbo ear juga mudah dirawat, sehingga cocok untuk pemula yang ingin memelihara ikan hias.