Ikan Cupang English: Si Cantik Yang Tangguh

Ikan Cupang English: Si Cantik yang Tangguh

Ikan cupang english atau yang dikenal juga dengan nama betta splendens merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Ikan ini berasal dari Asia Tenggara, tepatnya dari negara Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Ikan cupang english memiliki ciri khas warna-warna cerah dan bentuk sirip yang unik, sehingga membuatnya menjadi ikan hias yang sangat diminati.

Sejarah Ikan Cupang English

Ikan cupang english pertama kali ditemukan pada tahun 1840 oleh seorang dokter dan naturalis berkebangsaan Jerman bernama Theodor Cantor. Cantor menemukan ikan ini di perairan Thailand dan memberinya nama betta splendens, yang berarti "ikan yang cantik dan berkilau".

Pada tahun 1892, ikan cupang english dibawa ke Eropa oleh seorang pedagang ikan bernama Albert C. Lidth de Jeude. Lidth de Jeude memperkenalkan ikan ini ke dunia akuarium dan segera menjadi ikan hias yang sangat populer.

Pada tahun 1927, ikan cupang english pertama kali dibawa ke Amerika Serikat oleh seorang pengusaha bernama Frank Locke. Locke menjual ikan ini di toko ikan miliknya di San Francisco dan segera menjadi ikan hias yang sangat populer di Amerika Serikat.

Jenis-jenis Ikan Cupang English

Ada banyak jenis ikan cupang english yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan warna dan bentuk sirip yang unik. Beberapa jenis ikan cupang english yang paling populer meliputi:

  1. Ikan Cupang English Halfmoon: Ikan ini memiliki sirip ekor yang berbentuk setengah lingkaran, sehingga membuatnya terlihat seperti bulan sabit.

  2. Ikan Cupang English Crowntail: Ikan ini memiliki sirip ekor yang bergerigi, sehingga membuatnya terlihat seperti mahkota.

  3. Ikan Cupang English Veiltail: Ikan ini memiliki sirip ekor yang panjang dan menjuntai, sehingga membuatnya terlihat seperti kerudung.

  4. Ikan Cupang English Plakat: Ikan ini memiliki tubuh yang lebih pendek dan sirip yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis ikan cupang english lainnya.

Perawatan Ikan Cupang English

Ikan cupang english adalah ikan yang relatif mudah dirawat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ikan ini dapat hidup sehat dan bahagia.

  1. Akuarium: Ikan cupang english membutuhkan akuarium dengan ukuran minimal 10 galon. Akuarium harus dilengkapi dengan filter dan heater untuk menjaga kualitas air dan suhu air yang sesuai.

  2. Makanan: Ikan cupang english adalah ikan karnivora yang memakan serangga, cacing, dan ikan kecil. Anda dapat memberi makan ikan cupang english dengan makanan ikan hidup, makanan ikan beku, atau makanan ikan kering.

  3. Air: Ikan cupang english membutuhkan air yang bersih dan jernih. Ganti air akuarium secara berkala, sekitar 25% setiap minggu.

  4. Suhu: Ikan cupang english membutuhkan suhu air antara 24-28 derajat Celcius. Gunakan heater untuk menjaga suhu air yang sesuai.

  5. pH: Ikan cupang english membutuhkan pH air antara 6,5-7,5. Gunakan test kit untuk mengukur pH air dan sesuaikan dengan kebutuhan ikan cupang english.

Perkembangbiakan Ikan Cupang English

Ikan cupang english dapat berkembang biak dengan mudah di akuarium. Untuk membiakkan ikan cupang english, Anda perlu menyiapkan akuarium khusus untuk pemijahan. Akuarium pemijahan harus dilengkapi dengan tanaman air dan tempat bertelur.

Setelah ikan cupang english jantan dan betina siap untuk kawin, mereka akan melakukan ritual kawin. Ikan cupang english jantan akan membangun sarang gelembung di permukaan air. Setelah sarang gelembung selesai, ikan cupang english betina akan bertelur di dalam sarang gelembung tersebut.

Ikan cupang english jantan akan menjaga telur-telur tersebut hingga menetas. Setelah telur-telur menetas, ikan cupang english jantan akan terus menjaga anak-anaknya hingga mereka cukup besar untuk berenang sendiri.

Penyakit Ikan Cupang English

Ikan cupang english rentan terhadap beberapa penyakit, antara lain:

  1. Ich: Ich adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Ichthyophthirius multifiliis. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih pada tubuh ikan.

  2. Velvet: Velvet adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Oodinium pillularis. Penyakit ini ditandai dengan munculnya lapisan beludru pada tubuh ikan.

  3. Fin rot: Fin rot adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini ditandai dengan kerusakan pada sirip ikan.

  4. Dropsy: Dropsy adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan pada tubuh ikan.

Jika Anda menemukan ikan cupang english Anda sakit, segera pisahkan ikan tersebut dari ikan lainnya dan obati sesuai dengan penyakit yang dideritanya.

Ikan cupang english adalah ikan hias air tawar yang cantik dan tangguh. Ikan ini mudah dirawat dan dapat berkembang biak dengan mudah di akuarium. Dengan perawatan yang tepat, ikan cupang english dapat hidup sehat dan bahagia hingga 3 tahun.