Ikan Cupang Plakat Dan Serit: Dua Jenis Ikan Cupang Yang Populer

Ikan Cupang Plakat dan Serit: Dua Jenis Ikan Cupang yang Populer

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang populer di Indonesia. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang indah dan warna-warni yang menarik. Ikan cupang juga dikenal sebagai ikan yang agresif dan suka bertarung.

Ada banyak jenis ikan cupang yang ada di dunia, namun dua jenis yang paling populer adalah ikan cupang plakat dan ikan cupang serit. Kedua jenis ikan cupang ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi penampilan maupun dari segi sifatnya.

Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat adalah jenis ikan cupang yang memiliki tubuh yang pendek dan gemuk. Siripnya juga pendek dan tidak terlalu panjang. Ikan cupang plakat biasanya memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan ikan cupang serit.

Ikan cupang plakat dikenal sebagai ikan yang sangat agresif dan suka bertarung. Ikan ini tidak cocok untuk dipelihara bersama dengan ikan lain, karena akan sering terjadi perkelahian. Ikan cupang plakat juga tidak cocok untuk dipelihara di akuarium yang terlalu kecil, karena akan membuat ikan ini stres dan mudah sakit.

Ikan Cupang Serit

Ikan cupang serit adalah jenis ikan cupang yang memiliki tubuh yang lebih panjang dan ramping dibandingkan dengan ikan cupang plakat. Siripnya juga lebih panjang dan menjuntai. Ikan cupang serit biasanya memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan ikan cupang plakat.

Ikan cupang serit dikenal sebagai ikan yang lebih jinak dan tidak terlalu agresif dibandingkan dengan ikan cupang plakat. Ikan ini cocok untuk dipelihara bersama dengan ikan lain, asalkan ukurannya tidak terlalu besar. Ikan cupang serit juga cocok untuk dipelihara di akuarium yang kecil, karena tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas.

Perbedaan Ikan Cupang Plakat dan Serit

Berikut ini adalah tabel yang menunjukkan perbedaan antara ikan cupang plakat dan ikan cupang serit:

Ciri-ciri Ikan Cupang Plakat Ikan Cupang Serit
Bentuk tubuh Pendek dan gemuk Panjang dan ramping
Sirip Pendek dan tidak terlalu panjang Panjang dan menjuntai
Warna Lebih gelap Lebih terang
Agresivitas Sangat agresif dan suka bertarung Lebih jinak dan tidak terlalu agresif
Cocok untuk dipelihara bersama ikan lain Tidak cocok Cocok
Cocok untuk dipelihara di akuarium kecil Tidak cocok Cocok

Perawatan Ikan Cupang Plakat dan Serit

Perawatan ikan cupang plakat dan ikan cupang serit pada dasarnya sama. Kedua jenis ikan cupang ini membutuhkan akuarium yang bersih dan terawat. Air akuarium harus diganti secara berkala, setidaknya seminggu sekali.

Ikan cupang plakat dan ikan cupang serit juga membutuhkan makanan yang bergizi. Makanan yang baik untuk ikan cupang adalah pelet ikan, cacing sutra, dan kutu air. Ikan cupang plakat dan ikan cupang serit juga membutuhkan tempat bersembunyi, seperti gua-gua kecil atau tanaman air.

Dengan perawatan yang baik, ikan cupang plakat dan ikan cupang serit dapat hidup hingga 2-3 tahun.