Ikan Cupang Termahal Di Dunia Dan Namanya

Ikan Cupang Termahal di Dunia dan Namanya

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang populer di seluruh dunia. Ikan ini terkenal dengan keindahan warnanya yang beragam dan sifatnya yang agresif. Di Indonesia, ikan cupang juga dikenal dengan nama ikan aduan.

Harga ikan cupang bervariasi tergantung pada jenis, warna, dan ukurannya. Ikan cupang yang paling mahal di dunia adalah jenis plakat halfmoon yang berasal dari Thailand. Ikan ini memiliki warna merah menyala dengan ekor yang berbentuk setengah bulan. Harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Selain plakat halfmoon, ada beberapa jenis ikan cupang lain yang juga mahal, seperti:

  • Giant plakat: Ikan cupang jenis ini memiliki ukuran yang besar dengan warna yang beragam. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  • Double tail: Ikan cupang jenis ini memiliki dua ekor yang panjang dan menjuntai. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  • Crowntail: Ikan cupang jenis ini memiliki sirip ekor yang bergerigi seperti mahkota. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  • Koi plakat: Ikan cupang jenis ini memiliki warna yang menyerupai ikan koi. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  • Samurai plakat: Ikan cupang jenis ini memiliki warna yang menyerupai samurai. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Harga ikan cupang yang mahal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Kelangkaan: Ikan cupang yang langka biasanya memiliki harga yang lebih mahal.
  • Keindahan: Ikan cupang yang memiliki warna dan bentuk yang indah biasanya memiliki harga yang lebih mahal.
  • Ukuran: Ikan cupang yang berukuran besar biasanya memiliki harga yang lebih mahal.
  • Sifat: Ikan cupang yang memiliki sifat yang agresif dan pemberani biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Ikan cupang yang mahal tersebut biasanya dipelihara oleh para kolektor ikan hias. Mereka rela mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan ikan cupang yang mereka inginkan.

Selain dipelihara oleh para kolektor ikan hias, ikan cupang juga sering digunakan untuk aduan. Ikan cupang yang digunakan untuk aduan biasanya memiliki sifat yang agresif dan pemberani. Aduan ikan cupang biasanya dilakukan di arena khusus yang disebut gelanggang.

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer di seluruh dunia. Ikan ini memiliki keindahan warna yang beragam dan sifatnya yang agresif. Harga ikan cupang bervariasi tergantung pada jenis, warna, dan ukurannya. Ikan cupang yang paling mahal di dunia adalah jenis plakat halfmoon yang berasal dari Thailand.