Ikan Cupang: Si Cantik Yang Terjangkau

Ikan Cupang: Si Cantik yang Terjangkau

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang populer di kalangan masyarakat. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang cantik dan beragam warna yang menarik. Selain itu, ikan cupang juga dikenal sebagai ikan yang kuat dan mudah dirawat.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan cupang, namun memiliki budget terbatas, tidak perlu khawatir. Ada beberapa jenis ikan cupang yang harganya cukup terjangkau. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan cupang termurah yang bisa Anda pilih:

1. Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat merupakan jenis ikan cupang yang paling umum dijumpai. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pendek dan kompak, dengan sirip yang lebar dan mengembang. Ikan cupang plakat biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000 per ekor.

2. Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias merupakan jenis ikan cupang yang memiliki warna dan bentuk tubuh yang lebih beragam dibandingkan dengan ikan cupang plakat. Ikan cupang hias biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000 per ekor.

3. Ikan Cupang Giant

Ikan cupang giant merupakan jenis ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis ikan cupang lainnya. Ikan cupang giant biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000 per ekor.

4. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang halfmoon merupakan jenis ikan cupang yang memiliki bentuk sirip yang menyerupai setengah bulan. Ikan cupang halfmoon biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000 per ekor.

5. Ikan Cupang Crowntail

Ikan cupang crowntail merupakan jenis ikan cupang yang memiliki bentuk sirip yang menyerupai mahkota. Ikan cupang crowntail biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, mulai dari Rp200.000 hingga Rp500.000 per ekor.

Tips Merawat Ikan Cupang Murah

Merawat ikan cupang murah tidaklah sulit. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Siapkan akuarium dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah ikan cupang yang akan Anda pelihara.
  • Berikan filter dan aerator untuk menjaga kualitas air akuarium.
  • Beri makan ikan cupang dengan makanan yang berkualitas baik.
  • Ganti air akuarium secara berkala, sekitar seminggu sekali.
  • Bersihkan akuarium dari kotoran dan sisa makanan secara rutin.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memelihara ikan cupang murah dengan baik dan membuatnya tetap sehat.