Ikan Hias Mata Biru: Pesona Menawan Di Akuarium

Ikan Hias Mata Biru: Pesona Menawan di Akuarium

Ikan hias mata biru (Blue-Eyed Arowana) merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan penggemar akuarium. Ikan ini dikenal dengan keindahannya yang luar biasa, terutama karena mata birunya yang jernih dan berkilau. Selain itu, ikan hias mata biru juga memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang, serta sirip yang panjang dan berkibar.

Habitat dan Asal Ikan Hias Mata Biru

Ikan hias mata biru berasal dari perairan sungai dan danau di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Ikan ini hidup di perairan yang jernih dan berarus deras, dengan dasar sungai yang berbatu atau berpasir. Ikan hias mata biru termasuk dalam keluarga Osteoglossidae, yang juga dikenal sebagai ikan arwana.

Ciri-Ciri Ikan Hias Mata Biru

Ikan hias mata biru memiliki tubuh yang memanjang dan ramping, dengan kepala yang kecil dan mulut yang lebar. Sirip punggung dan sirip ekornya panjang dan berkibar, sedangkan sirip dada dan sirip perutnya kecil dan tidak terlalu mencolok. Warna tubuh ikan hias mata biru bervariasi, mulai dari perak, biru, hingga hijau. Namun, ciri khas yang paling menonjol dari ikan ini adalah mata birunya yang jernih dan berkilau.

Perawatan Ikan Hias Mata Biru

Ikan hias mata biru membutuhkan perawatan yang khusus agar dapat tumbuh sehat dan berkembang biak dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat ikan hias mata biru:

  1. Akuarium yang Sesuai

Ikan hias mata biru membutuhkan akuarium yang cukup besar untuk menampung tubuhnya yang panjang dan ramping. Ukuran akuarium yang ideal untuk ikan hias mata biru adalah sekitar 100 galon atau lebih. Akuarium harus dilengkapi dengan filter yang kuat untuk menjaga kualitas air tetap baik.

  1. Kualitas Air

Ikan hias mata biru membutuhkan air yang bersih dan jernih dengan pH antara 6,5 hingga 7,5. Suhu air yang ideal untuk ikan hias mata biru adalah sekitar 24 hingga 28 derajat Celcius.

  1. Makanan

Ikan hias mata biru adalah ikan karnivora yang memakan ikan kecil, udang, dan serangga. Anda dapat memberi makan ikan hias mata biru dengan makanan hidup atau makanan beku.

  1. Pencahayaan

Ikan hias mata biru membutuhkan pencahayaan yang cukup untuk tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Anda dapat menggunakan lampu akuarium yang khusus dirancang untuk ikan hias.

Perkembangbiakan Ikan Hias Mata Biru

Ikan hias mata biru dapat berkembang biak di akuarium jika kondisi air dan lingkungannya sesuai. Ikan hias mata biru biasanya akan bertelur di sarang yang dibuat oleh induk jantan. Telur-telur tersebut akan menetas setelah sekitar 10 hari, dan anak-anak ikan akan mulai berenang bebas setelah sekitar 2 minggu.

Harga Ikan Hias Mata Biru

Harga ikan hias mata biru bervariasi tergantung pada ukuran, warna, dan kualitas ikan. Harga ikan hias mata biru yang masih kecil dan berwarna perak biasanya sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000. Sedangkan harga ikan hias mata biru yang sudah dewasa dan berwarna biru atau hijau dapat mencapai jutaan rupiah.

Kesimpulan

Ikan hias mata biru merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan penggemar akuarium. Ikan ini dikenal dengan keindahannya yang luar biasa, terutama karena mata birunya yang jernih dan berkilau. Selain itu, ikan hias mata biru juga memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang, serta sirip yang panjang dan berkibar. Ikan hias mata biru membutuhkan perawatan yang khusus agar dapat tumbuh sehat dan berkembang biak dengan baik.