Ikan Cupang Blue Rim: Si Cantik Yang Menawan

Ikan Cupang Blue Rim: Si Cantik yang Menawan

Ikan cupang blue rim merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki warna tubuh yang cantik dengan kombinasi warna biru dan merah, serta sirip yang panjang dan menjuntai. Ikan cupang blue rim juga dikenal dengan sifatnya yang agresif dan territorial, sehingga sering dipelihara untuk dijadikan ikan aduan.

Asal Usul Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang blue rim berasal dari Thailand dan Malaysia. Ikan ini merupakan hasil persilangan antara ikan cupang liar dengan ikan cupang hias lainnya. Ikan cupang blue rim pertama kali diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 2000-an dan langsung menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias.

Ciri-ciri Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang blue rim memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tubuh: Ikan cupang blue rim memiliki tubuh yang ramping dan memanjang. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 10 cm.
  • Warna: Ikan cupang blue rim memiliki warna tubuh yang cantik dengan kombinasi warna biru dan merah. Warna biru biasanya terdapat pada bagian kepala, punggung, dan sirip, sedangkan warna merah terdapat pada bagian perut dan ekor.
  • Sirip: Ikan cupang blue rim memiliki sirip yang panjang dan menjuntai. Sirip dorsal dan sirip anal ikan ini biasanya lebih panjang daripada sirip ekornya.
  • Mata: Ikan cupang blue rim memiliki mata yang besar dan berwarna hitam.
  • Mulut: Ikan cupang blue rim memiliki mulut yang kecil dan runcing.

Jenis-jenis Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang blue rim memiliki beberapa jenis, antara lain:

  • Blue rim plakat: Ikan cupang blue rim plakat memiliki sirip yang pendek dan tidak menjuntai. Ikan ini biasanya lebih agresif daripada jenis ikan cupang blue rim lainnya.
  • Blue rim halfmoon: Ikan cupang blue rim halfmoon memiliki sirip yang panjang dan menjuntai hingga membentuk setengah lingkaran. Ikan ini biasanya lebih jinak daripada jenis ikan cupang blue rim lainnya.
  • Blue rim crowntail: Ikan cupang blue rim crowntail memiliki sirip yang panjang dan menjuntai dengan ujung-ujung sirip yang bergerigi. Ikan ini biasanya lebih langka daripada jenis ikan cupang blue rim lainnya.

Perawatan Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang blue rim termasuk ikan yang mudah dirawat. Ikan ini bisa hidup di akuarium kecil dengan ukuran minimal 10 liter. Akuarium harus dilengkapi dengan filter dan heater untuk menjaga kualitas air dan suhu air. Ikan cupang blue rim juga harus diberi makan secara teratur dengan pakan berupa pelet atau cacing sutra.

Pembiakan Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang blue rim dapat dibiakkan dengan cara mengawinkan jantan dan betina yang sudah dewasa. Ikan cupang blue rim jantan biasanya akan membangun sarang gelembung di permukaan air. Setelah sarang gelembung selesai, ikan cupang blue rim betina akan bertelur di dalam sarang tersebut. Ikan cupang blue rim jantan akan menjaga telur-telur tersebut hingga menetas.

Penyakit Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang blue rim rentan terhadap beberapa jenis penyakit, antara lain:

  • Ich: Penyakit ini disebabkan oleh parasit Ichthyophthirius multifiliis. Gejala penyakit ini berupa munculnya bintik-bintik putih pada tubuh ikan.
  • Velvet: Penyakit ini disebabkan oleh parasit Oodinium pillularis. Gejala penyakit ini berupa munculnya lapisan beludru pada tubuh ikan.
  • Fin rot: Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila. Gejala penyakit ini berupa kerusakan pada sirip ikan.
  • Dropsy: Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila. Gejala penyakit ini berupa perut ikan yang membengkak.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Ikan Cupang Blue Rim

Penyakit ikan cupang blue rim dapat dicegah dengan menjaga kualitas air dan suhu air akuarium. Ikan cupang blue rim juga harus diberi makan secara teratur dengan pakan yang berkualitas baik. Jika ikan cupang blue rim menunjukkan gejala penyakit, segera lakukan pengobatan dengan obat-obatan yang sesuai.

Harga Ikan Cupang Blue Rim

Harga ikan cupang blue rim bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kualitas ikan. Ikan cupang blue rim plakat biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp50.000, sedangkan ikan cupang blue rim halfmoon dan crowntail biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp100.000.